Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe membayar pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan semua pihak yang bekerja pada area perusahaan tambang emas, tembaga tersebut.

lukas enembe pada wartawan selama timika, jumat menyampaikan banyaknya jumlah korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan pada selasa (14/5) adalah sejarah masih terhadap freeport yang telah puluhan tahun beroperasi di mimika, papua.

kejadian ini adalah sejarah dalam puluhan tahun freeport ada. angka korban cukup ada, tutur lukas.

lukas enembe dan baru lebih daripada dua bulan menjabat gubernur papua periode 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport agar lebih mendengar semua masukan daripada pemerintah dan para tokoh masyarakat.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, serta tua-tua untuk seluruh mampu jalan bagus, tutur lukas.

pemerintah provinsi papua, katanya, menyatakan ikut berduka cita atas meninggalkan sederat pekerja pt freeport dan perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita dan sama diutarakan terhadap keluarga kaum korban yang meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan di area kerja pt freeport dan menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian dapat, tetapi luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa karena korban begitu ada. ini merupakan tragedi kemanusiaan, kata wilhelmus.

ia tinggal mendesak dilakukan investigasi independen pada insiden runtuhnya fasilitas website pelatihan tambang bawah tanah pt freeport itu dan perusahaan wajib menggarap evaluasi dengan menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus menyampaikan sangat mendukung penutupan sementara seluruh aktivitas pertambangan pt freeport untuk perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih daripada 20 pekerja yang baru terkubur di pada reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan sudah ditemukan, sebanyak lima orang keduanya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha juga rooy kailuhu. empat pekerja daripada 10 pekerja dan selamat mesti menjalani perawatan lanjutan dalam jakarta karena kondisinya masih kritis.

pt freeport menyampaikan upaya pencarian serta evakuasi kaum pekerja baru terus dilakukan sampai saat ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral dan batubara thamrin sihite sudah tiba dalam tembagapura dari kamis (16/5) supaya menikmati langsung upaya evakuasi kaum korban serta mengunjungi korban dan masih dirawat pada rumah sakit tembagapura.