Maskapai penerbangan diminta waspadai awan cumulonimbus

badan meteorologi, klimatologi serta geofisika pangkalpinang menyewa maskapai penerbangan mewaspadai pertumbuhan awan cumulonimbus. awan ini berpotensi badai hingga adalah sarang petir juga halilintar, dan es.

waspadai cumulonimbus berskala setempat yang ada kandungan listrik tegangan ekstrim tinggi dan kalau pesawat tetap menembus awan ini bisa mendorong goncangan mesin dan mengganggu sistem komunikasi, tutur petugas kantor bmkg pangkalpinang, akhmad fadholi, di pangkalpinang, sabtu.

pengamatan kantor bmkg setempat, mei 2013 puncak musim hujan dipicu kepesatan pertumbuhan awan cumulonimbus yang membawa angin kencang juga petir, makanya para pilot pesawat supaya mewaspadai awan ini supaya mencegah kasus penerbangan.

secara publik, ujarnya, kondisi iklim di provinsi itu belum mempengaruhi aktivitas penerbangan tapi harus diwaspadai awan rendah dan beresiko menghalangi penglihatan.

Informasi Lainnya:

awan rendah bisa menghalangi jarak pandang ataupun penglihatan makanya menyulitkan pilot agar mendarat, ini membahayakan kepada keselamatan penumpang, ujarnya.

ada pilihan resiko daripada pertumbuhan awan cumulonimbus ini, selama antaranya potensi udara vakum dan dapat mencari pesawat terbang kehilangan ketinggian dan turbulensi ke segala arah dan berdampak pada struktur pesawat terbang tersebut.

cumulonimbus biasa terkandung dalam lingkar tropis, tumbuh pada sekejap mata akibat dinamika iklim dan cuaca setempat. dia dapat tumbuh menyerap sinar matahari makanya gelap total selama ketinggian 3.000 meter dari permukaan laut hingga puluhan ribu meter dari permukaan laut selama luasan yang luar biasa.