Ratusan TKI Jatim di Malaysia dipulangkan

ratusan tenaga kerja indonesia dalam malaysia yang dipulangkan secara paksa dengan terminal feri pasir gudang, johor bahru, menuju tanjung pinang, kepulauan riau, tiba di pilihan daerah pada jawa timur, seperti kabupaten blitar, kamis (2/5).

manto (48) salah betul tki yang baru hingga di rumahnya pada desa wonorejo, kecamatan talun, kabupaten blitar, jumat menyampaikan, kurang lebih 300 tki diberangkatkan daripada johor bahru sabtu (27/4), sesudah sempat dinikmati dengan kepala badan nasional penempatan dan penanggulangan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) jumhur hidayat.

saya sudah 23 tahun bekerja dan berumahtangga dalam malaysia, masih kali ini ditangkap aparat setempat dengan alasan surat izin kerja tak tersedia. sesudah sempat ditahan bersama ratusan orang yang lain, lalu memenuhi pemulangan paksa ini, ujarnya.

manto yang tiba bersama wawan (35), tki asal ponggok, blitar, menceritakan bahwa perjalanan kapal dari johor bahru ke tanjung pinang memerlukan waktu lebih dari semalam.

Informasi Lainnya:

di tanjung pinang, ratusan tki tersebut beralih menumpang km sirimau juga tiba selama pelabuhan tanjung priok, jakarta, senin (29/4) siang. para tki lalu diangkut mencari beberapa unit damri menuju pool bus tersebut di kemayoran, jakarta.

perjalanan sebelumnya lumayan enak, makan serta terjamin, akan tetapi begitu menumpang damri, kami mulai merasakan pelayanan dan kurang menenangkan. kami telantar setengah hari dalam pool damri, dengan alasan belum ada pembayaran bus. masih malam harinya dan lokasi surabaya diberangkatkan mencari empat unit damri, ujarnya.

menurut manto, sepanjang perjalanan hingga hingga pada kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi juga kependudukan provinsi jawa timur di surabaya, rabu (1/5) sore, ada tki yang turun serta oleh awak bus dipungut rp50.000. tapi sebagian tki menolaknya, bahkan ada dan meminta terserah secara paksa uang pungutan tersebut.

demikian pula pada kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi dan kependudukan provinsi jawa timur, para tki sesudah diberikan makan juga uang tiap-tiap rp40.000, sempat ada oknum yang mengerjakan pungutan, tapi ditolaknya.

saya bersama ratusan tki itu kemudian diantar membeli bus ke terminal bungurasih supaya mencari bus sesuai tujuan masing-masing, semisal ke madura, lombok, nusa tenggara barat serta ntt. kecuali tujuan kangean kepulangannya ditunda esok paginya, supaya dapat menumpang kapal, ujarnya.

manto menambahkan, baru terkandung ratusan tki dalam website penampungan dalam johor bahru yang menunggu giliran pemulangan paksa lebih lanjut.