Sumur warga diduga tercemar BBM bocoran pipa SPBU

sumber air serta sumur milik masyarakat sekitar pengisian stasiun pengisia bahan bakar umum (spbu) marapalam, kecamatan padang timur, kota padang, sumatera barat tercemar karena beraroma bau bahan bakar minyak (bbm) diduga akibat kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah.

bocornya saluran pipa bbm bawah tanah spbu menyebabkan sumur milik masyarakat sekitar tercemar dan berbau minyak, papar anggia salah benar penduduk pada padang, sabtu.

menurut dia, kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah tersebut telah berlangsung dari tiga tahun dan kemarin, warga sudah mencatat pada pemilik spbu. jarak antara spbu dengan rumah masyarakat cuma sekitar 500 meter.

namun, bagian spbu mengaku aroma bensin maupun bahan bakar lain yang tercium tersebut wajar karena properti warga berdekatan melalui spbu, ujar dia.

Informasi Lainnya:

tercemarnya air sumur akibat kebocoran saluran pipa tersebut, lanjut anggia masyarakat terpaksa membeli air galon agar mandi. masyarakat tidak mau mengkonsumsi air daripada sumber air miliknya lagi dimana aroma air berubah bau bbm.

warga sangat takut kepada kesehatan hingga tak dulu berani memanfaatkan air dari sumur, detail anggia.

hal senada juga dikatakan anton menungkapkan, kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah daripada spbu itu terjadi dari tiga tahun yang lalu.

warga setempat telah melaporkan pada pemilik spbu kehadiran kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah itu, tapi tidak ada tanggapan dari pemilik, ujar dia.

menurut dia, penduduk amat mengkhawatirkan terjadinya kebakaran akibat kebocoran saluran pipa bbm bawah tanah dari spbu itu.

kebocoran pipa bbm bawah tanah daripada spbu itu berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran, dan kesulitan mencari air bersih, ungkap dia.

pemilik spbu harus bertanggungjawab untuk mengembalikan kondisi air warga yang tercemar. apalagi warga sudah berlarut mengeluhkan kebocoran pipa spbu itu sebab kejadian tersebut digemari sejak dua tahun, tegas anton.

sementara itu kabid.pemanggulangan dinas pemadam kebakaran dan bpbd padang, edi asri mengatakan, supaya ketika ini penduduk dan berada pada sekitar spbu dilarang agar menggarap kegiatan memasak pada di rumah.

pemilik rumah tidak bisa memasak dalam dalam agar tak terjadinya kebakaran, papar dia.

saat ini sbpu itu sudah dipasangan garis polisi untuk menghindari hal-hal dan tak dinginkan. pemilik spbu agar ternyata waktu diminta supaya ditidak melakukan aktifitas,tegas edi asri.