HIPMI tegaskan kebijakan BBM perlu penjelasan

ketua umum himpunan pengusaha muda indonesia (hipmi) raja sapta oktohari meminta pemerintah menjelaskan maksud juga objek wisata kebijakan pengendalian bahan bakar minyak (bbm) bersubsidi dengan mencari bahasa publik, untuk penduduk bisa mengerti langkah itu.

jelaskan maksud kebijakan bbm tersebut dengan bahasa umum. jelaskan bagaimana itu inflasi, bagaimana itu yang dimaksud jebolnya fiskal, apa pengaruhnya selama dapur dan ekonomi warga, papar raja sapta oktohari di diskusi panel implikasi kenaikan harga bbm bersubsidi pada prospek dunia usaha juga pembiayaan oleh sektor perbankan, pada jakarta, jumat.

dia harapkan pemerintah bisa mengkomunikasikan manfaat daripada kenaikan harga bbm tidak cuma dari sudut pandang pemerintah dalam menghemat anggaran negara, tapi juga manfaatnya bagi rakyat.

selain itu bila sudah sudah ditetapkan naik, mesti dipastikan distribusinya sampai daerah. karena dalam daerah tersebut mobil pengangkut barang mesti antri untuk mendapatkan bbm bersubsidi. percuma harga naik manakala distribusinya jelek, ujar dia.

Informasi Lainnya:

di pihak lain raja juga menyewa pemerintah tidak lagi mengumumkan kebijakan-kebijakan dan belum tentu pemberlakuannya karena keuntungan itu akan berdampak negatif terhadap pengusaha.

yang kami harapkan, pemerintah tak dulu begitu tidak sulit menyampikan ketidakpastian kebijakan. manakala belum final, lebih baik jangan dilontarkan sama sekali, karena pengusaha dan susah, tutur raja.

dia mencontohkan selama wacana kenaikan harga bbm bersubsidi, ketidaktegasan pemerintah selama menetapkan besaran juga waktu kenaikan harga bbm bersubsidi membuat gejolak dalam sektor industri, misalnya kelangkaan bahan bakar, juga pekerja yang sudah mulai menanyakan kenaikan gaji.

apapun kebijakan pemerintah yang tanggung implementasinya, pengusaha yang terkena dampaknya. ketidakpastian kebijakan berdampak di aktivitas upaya-upaya, papar dia.