25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menginformasikan bahwa sederat wilayah di bandung barat mengalami bencana longsor sampai menyebabkan 23 rumah rusak berat.

hujan melalui intensitas tinggi telah mendorong longsor di tiga kecamatan, kata kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho selama jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga juga kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada dalam tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah menyebabkan wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 rumah terancam longsor dan 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian warga baru mengungsi pada rumah kerabatnya dan lebih tidak berbahaya ujarnya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun dalam perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan amat sempit juga kondisi tanah yang tebal serta memiliki mata air pada pihak tengah update batuan keras di pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah juga air kepada masyarakat supaya risiko bencana bisa diminimalisir, katanya.

banyak produk teknologi sederhana untuk keluar dari longsor, kata dia, menarik secara fisik juga vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.