Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei ataupun hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya hendak dipusatkan di wilayah sorong, papua barat. demikian disampaikan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua pada wartawan, jumat di sentani.

seluruh papua dicari mampu merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menjelaskan perayaan 1 mei kali ini berpusat dalam sorong sebab menurut sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali selama wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan ingin dirayakan lumayan besar-besaran selama sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menungkapkan perayaan 1 mei dalam sorong ini hendak diselenggarakan dengan gubernur papua barat dan perangkatnya dibantu oleh jajaran tni.

bisa jadi tahun depan akan diselenggarakan pula di jayapura, itu tak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan tinggal papua ke pangkuan nkri ini akan dilaksanakan secara bergantian selama pilihan wilayah selama papua maupun pada papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri dan jatuh selama tanggal 1 mei itu, biasanya dari tahun ke tahun dirayakan dengan besar-besaran oleh tni dibantu melalui pemerintah daerah setempat.

hal ini dibuat supaya warga mengingat terserah jasa-jasa pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya untuk merebut kemerdekaan dan ketika ini didatangi penduduk luas di bumi cenderawasih.