Inggris punya bukti penggunaan senjata kimia di Suriah

inggris memiliki bukti terbatas namun persuasif terkait penggunaan senjata kimia selama suriah, tergolong gas sarin, papar kementerian luar negeri inggris.

kami memiliki Informasi yang terbatas tapi persuasif daripada seluruh sumber yang menunjukkan penggunaan senjata bahan kimia dalam suriah, termasuk gas sarin, papar juru bicara kantor kementerian luar negeri, kamis, menyusul komentar serupa oleh pejabat amerika serikat.

ini amat memprihatinkan. penggunaan senjata kimia adalah kejahatan perang, ujarnya seperti dikutip afp.

kami telah diberitahu dengan sekutu, mitra serta pbb perihal Informasi ini dan kami berusaha secara aktif agar mendapatkan info lebih lanjut serta lebih menarik, ujarnya.

Informasi Lainnya:

laporan awal bulan ini menyebutkan kaum ilmuwan militer inggris telah mengetahui sampel tanah yang dibawa terserah dari daerah dan dekat melalui damaskus dan menemukan hasil pengujian menunjukkan sampel tersebut positif mengandung senjata kimia, sekalipun pemerintah belum mengkonfirmasi hal itu.

pengumuman daripada inggris itu ditampilkan tidak lama setelah gedung putih menungkapkan suriah kemungkinan menggunakan senjata kimia kepada pasukan pemberontak pada skala kecil, namun menekankan manakala agen mata-mata amerika serikat baru belum 100 persen yakin.

washington sudah berulang kali menyatakan penggunaan senjata kimia oleh rejim presiden suriah bashar al-assad akan dinilai sebagai sebuah penampilan dan melintasi garis merah juga memicu kemungkinan penampilan militer.

inggris mengatakan suriah harus mengizinkan pengamat internasional.

bashar mesti bekerja sama dengan penduduk internasional serta membuktikan bahwa rezimnya tidak pernah melakukan kejahatan dan mengerikan ini, yang memungkinkan akses tidak terbatas untuk

pbb serta opcw (organisasi agar pelarangan senjata kimia) guna melakukan penyelidikan dalam lapangan pada suriah, tutur juru bicara kementerian luar negeri.