Satu rumah gadang ludes terbakar di Tanah Datar

satu rumah gadang (rumah adat minangkabau) selama nagari tanjung barulak, kecamatan tanjung emas, tanahdatar, sumatera barat, ludes terbakar, kamis (18/4) malam.

pantauan diantara, jumat, menunjukkan kebakaran itu tak menyisakan bangunan dan sudah berumur hampir Satu abad milik kaum mandahiling cikupa, jorong pintu rayo, nagari tanjung barulak.

dalam peristiwa naas tersebut, tak ada korban jiwa, sebab penghuni rumah yohannes bakri gindo sati (66) dan anaknya farida (48) serta empat anggota keluarga yang lain bersegeralah beranjak properti melalui dibantu masyarakat sekitar.

pemilik properti diperkirakan menderita kerugian ratusan juta rupiah, sebab rumah gadang ini memiliki sejarah tersendiri dan sejumlah surat-surat berharga yang lain tak mampu diselamatkan.

Informasi Lainnya:

kepala satuan pemadam kebakaran tanahdatar nusyirwan menungkapkan Salah satu unit kendaraan pemadam kebakaran diturunkan serta pada masa singkat api berhasil dijinakan.

penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polsek tanjung emas, namun dugaan sementara berasal dari arus pendek listrik.

sebanyak 15 personel pemadam kebakaran juga sar kita kerahkan untuk memadamkan api. kita bersyukur api langsung dapat dipadamkan juga tak merembet ke properti sekitarnya, katanya.

sementara itu, kepala badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) tanahdatar, altri suwandi mengimbau supaya masyarakat lebih waspada serta hati-hati terhadap listrik, kompor, obat nyamuk bakar juga yang lain dan bisa mempunyai bencana kebakaran.

dia serta mengharapkan penduduk dan berada selama sekitar lokasi kebakaran bisa menyerahkan kemudahan akses jalan terhadap kendaraan pemadam kebakaran menuju tujuan oleh karenanya proses pemadaman lebih segeralah dan memangkas kerugian menarik jiwa, harta maupun benda.