Ekonom: RON 90 efektif hemat subsidi BBM

pengadaan bahan bakar minyak melalui research octane number 90 dijadikan pengganti premium, lebih efektif agar menghemat subsidi bahan bakar minyak, papar pengamat ekonomi dari universitas gadjah mada rimawan pradiptyo.

pengadaan bbm melalui research octane number (ron) 90 bisa menjadi pilihan dan efektif untuk menghemat hingga 50 persen subsidi bbm, selain dan menyajikan mutu yang lebih bagus, katanya di yogyakarta, rabu.

rimawan menyatakan sekalipun dengan pengadaan bbm berkualitas selama atas premium (ron 88), juga pada bawah pertamax (ron 92), juga menyebabkan harga hendak naik hingga merupakan rp7.000.

namun, berdasarkan dia, ini lebih efektif menghemat, daripada diselenggarakan filter ataupun pembedaan harga.

Informasi Lainnya:

dengan pengadaan ron 90 pemerintah mampu menghemat hingga sekitar rp150 triliun, akan tetapi apabila diselenggarakan kenaikan melalui pola membedakan konsumennya, cuma menghemat rp21 triliun, karena juga memerlukan uang supervisi pengawasan, katanya.

menurut dia, solusi itu lebih efektif dibanding pemerintah harus menaikkan harga untuk mobil serta kendaraan pribadi saja, dan dalam akhirnya malahan dapat menyebabkan konflik horisontal di tingkat spbu.

ada rencana agar menaikkan tarif bbm agar mobil pribadi kurang lebih 30 persen, sementara motor juga mobil umum tetap rp4.500 per liter, tersebut artinya pemerintah melakukan price discrimination, yang justru berpotensi konflik pada tingkat spbu, katanya.