Majelis alumni IPNU Jatim dukung Mendikbud

presidium majelis alumni ikatan pelajar nu (ipnu) jawa timur siap mendukung mendikbud mohammad nuh tenntang melalui kebijakan ujian nasional dan tahun ini mengalami kisruh selama pelaksanaan supaya un tingkat sma juga sederajat.

kami siap di belakang supaya mendukung pak nuh karena majelis alumni ipnu sudah bersifat `supporting system` untuk membenahi dunia studi, kata ketua presidium wilayah majelis alumni ipnu jatim h. muzammil syafii dalam surabaya, minggu.

hal tersebut diungkapkan pada silaturrahmi presidium wilayah majelis alumni ipnu jatim dan dibuka dengan mendikbud dan dihadiri ketua presidium pusat majelis alumni ipnu dr. h. hilmy muhammadiyah, ketua pbnu prof. kacung maridjan, m.a., dan wakil ketua pwnu jatim dr. h.m. thohir.

senada dengan tersebut, ketua pimpinan wilayah (pw) ipnu jatim m. fadlli menilai mendikbud tidak bersalah selama kisruh un 2013 tersebut. kami serta mendukung, tetapi bukan sebab kedekatan kami dengan pak nuh, melainkan sebab beliau memang tak bersalah, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, kekacauan un 2013 tersebut murni kesalahan bagian percetakan dan tidak mengukur diantara beban dan diterima serta skill dan disediakan.

oleh karena itu, kami juga mendesak pak nuh agar tim investigasi dan dibentuk langsung membuka tabir dan sebenarnya terjadi, ujarnya.

ia menegaskan bahwa anggota ipnu dan dan pelajar amat dirugikan dengan kekacauan yang terjadi di un 2013 selama tingkat sma tersebut.

oleh karena tersebut, kami mengharapkan hasil investigasi yang hendak diumumkan selama minggu depan itu mau menunjukan masalah sesungguhnya, ujarnya.

menanggapi dukungan majelis alumni ipnu jatim serta pw ipnu jatim itu, mendikbud meminta ipnu dan alumninya berperan adalah bagian dan menyebabkan kemajuan dunia studi makanya kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan mampu diatasi.

ibarat penyakit dan perlu vaksin, dengan demikian penyakit sosial semisal kemiskinan serta ketidaktahuan tersebut juga usah vaksin sosial serta vaksin sosial tersebut studi. dengan sebab itu, dukungan majelis alumni ipnu tersebut tidak keliru dalam konteks agar tujuan mengatasi penyakit sosial tersebut, katanya.

terkait dengan dorongan mundur agar dirinya, mendikbud menilai permintaan dirinya agar mundur tenntang kisruh pelaksanaan ujian nasional (un) 2013 itu tergantung kepada presiden karena dirinya merupakan pembantu presiden dan diangkat olehnya.

kalau mundur itu, lho saya dan ngangkat itu presiden, bukan orang lain. manakala gagal, ya, tergantung dan menilai, semisal mahasiswa tersebut `kan terserah dosen yang menilainya. saya katakan, kisruh un 2013 tersebut tak bersifat `by design` (direncanakan), tetapi murni kasus, ujarnya.

tiga tahun 2012, papar mantan rektor its surabaya tersebut, pelaksanaan un juga diselenggarakan pada daerah. hendak sementara, sebab ada masalah, lalu ditarik ke pusat.

oleh sebab itu, manakala sekarang banyak masalah, ya, dikaji kembali, tetapi bukan berarti `by design`, ujarnya.

acara silaturrahmi majelis alumni ipnu jatim dan dikuti alumni ipnu se-jatim itu merumuskan rekomendasi terhadap nu agar meningkatkan nilai pendidikan masyarakat nu melalui melibatkan jaringan alumni ipnu di jatim, bagus dengan studi dan bersifat formal maupun informal.