Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tidak punya pilihan disamping berkonfrontasi dengan amerika serikat, yang semestinya disalahkan atas ketegangan di semenanjung korea, tutur benar jenderal iran.

ketegangan selama wilayah itu timbulkan oleh desakan amerika serikat... juga pengetatan sanksi terhadap korut, kata wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, seperti dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai efek sampingnya, pemerintah korut tidak sediakan pilihan disamping mengonfrontasi aksi amerika serikat, katanya.

jazayeri serta menyalahkan kelompok pemicu perang dalam amerika serikat atas meningkatnya ketegangan tersebut.

Informasi Lainnya:

pyongyang, yang marah akibat sederat sanksi perserikatan bangsa bangsa serta gelaran pelatihan militer bersama as-korsel, sudah mengeluarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka selama beberapa pekan terakhir.

puncak ketegangan itu terjadi saat kantor berita yonhap, dan mengutip pejabat pemerintah korsel, menyatakan korut telah menyiapkan rudal jarak menengahnya dalam perangkat peluncur bergerak serta menyembunyikannya dalam fasilitas bawah tanah gampat ditempuh pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut pada memanasnya suhu selama semenanjung korea itu dengan menyebut negara independen semisal korut tidak sejalan melalui model petualangan amerika serikat

dia dan mengeritik pbb yang dianggap telah terpengaruh dengan amerika serikat juga membiarkan ketegangan menyebar pada kawasan itu.

ketegangan selama semenanjung korea sudah meningkat dari desember, saat korut memulai peluncuran roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat pada pyongyang atas peluncuran tersebut, ternyata iran dalam februari menyerukan pemusnahan berbagai senjata atom pada dunia setelah korea utara mengumumkan percobaan nuklir terbesar mereka.

kita mesti berada selama sebuah kondisi di mana tak ada negara yang boleh memiliki senjata nuklir dan senjata pemusnah massal dan senjata nuklir mesti dihancurkan, kata jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, selama saat tersebut.

pyongyang juga teheran memiliki hubungan bagus sejak revolusi islam 1979. kedua negara itu melayani sanksi dewan keamanan pbb atas situs rudal balistik dan pengayaan nuklir.

sebuah catatan sanksi pbb dalam 2011 menyebutkan kiranya teheran juga pyongyang diduga sampaikan teknologi rudal balistik, ternyata tak banyak konfirmasi dipercaya dari kedua negara itu sampai saat ini, demikian afp.